Pertamina Patra Niaga Harus Siapkan Solusi Bila Harga BBM Tidak Terprediksi

Nusantaratv.com - 26 September 2022

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima saat memimpin pertemun Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VI DPR RI dengan Direksi PT Pertamina Patra Niaga, di Bandar Lampung, Senin (26/9/2022). (Nadhen/Man)
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima saat memimpin pertemun Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VI DPR RI dengan Direksi PT Pertamina Patra Niaga, di Bandar Lampung, Senin (26/9/2022). (Nadhen/Man)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima meminta PT Pertamina Patra Niaga menyiapkan berbagai skenario sebagai solusi jika harga bahan bakar minyak (BBM) tidak terkendali. 

Aria Bima menyatakan, ada beberapa faktor yang memengaruhi fluktuasi harga minyak. Fluktuasi harga minyak ini tentu akan berdampak pada penentuan harga BBM di dalam negeri. 

Seperti diketahui, saat ini beberapa negara sudah mulai mengelami resesi ekonomi. Krisis juga terjadi di berbagai lini termasuk krisis energi. Indonesia juga turut terdampak akan hal tersebut.

Oleh karena itu, Aria Bima meminta agar PT Pertamina Patra Niaga membuat skema untuk mengatasi krisis ini. Terlebih Indonesia cukup bergantung pada pasokan minyak dari luar negeri. 

"Skenario-skenario harus disiapkan pada saat harga BBM nanti memang unpredictable," ujar Aria Bima usai memimpin pertemun Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VI DPR RI dengan Direksi PT Pertamina Patra Niaga, di Bandar Lampung, Senin (26/9/2022).

Lebih lanjut, politisi PDI Perjuangan tersebut ikut menyoroti gejolak yang terjadi di negeri ini akibat kenaikan harga BBM bersubsidi sejak awal September 2022. Dia meminta agar ada kerja sama antar perusahaan BUMN sebagai salah satu solusinya.

PT Pertamina Patra Niaga saat ini sedang menjajaki kerja sama dengan PT Telkom Indonesia untuk membuat kartu BBM subsidi kepada masyarakat yang berhak. Aria Bima meminta agar PT Pertamina Patra Niaga dan PT Telkom bekerja sama dengan baik menjalankan wacana kartu BBM subsidi tersebut.

Dengan adanya kartu itu, dia yakin penyaluran subsidi BBM akan tepat sasaran. "Kita berharap untuk Patra Niaga lebih bisa menerapkan dan bisa kerja sama di dalam menggunakan berbagai sistem supaya penerapan BBM bersubsidi nanti bisa sesuai sasaran yang mana itu kita akan melihat sejauh mana penggunaan kartu," tukas legislator dapil Jawa Tengah V tersebut.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])