Komisi IX Dukung Pengembangan RSUD Sanjiwani Gianyar Guna Dukung Pariwisata di Bali

Nusantaratv.com - 14 Mei 2024

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati, saat meninjau fasilitas serta pelayanan RSUD Sanjiwani, Gianyar, Bali, Sabtu (11/5/2024). Foto: Andri/vel
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati, saat meninjau fasilitas serta pelayanan RSUD Sanjiwani, Gianyar, Bali, Sabtu (11/5/2024). Foto: Andri/vel

Penulis: Bagas Adi Pangestu

Nusantaratv.com – Tim Komisi IX DPR RI melakukan Kunjungan Kerja Reses ke RSUD Sanjiwani, Gianyar, Bali bertipe B Plus. Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua Komisi IX sekaligus Ketua Tim Kunker, Kurniasih Mufidayati menjelaskan pelayanan di RSUD tersebut sudah sangat maju dan terus berkembang.

Karena itu, Kurniasih mendorong agar pihak lepas Kemenkes yang turut hadir dalam agenda ini agar membantu untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan-kebutuhan untuk pengembangan RSUD. Di antaranya adalah pengembangan pusat jantung terpadu yang perlu didukung, baik dari sisi anggaran yang berasal dari APBD, maupun alat, dan juga SDM-nya.

“Khususnya untuk RSUD Sanjiwani karena memang (Gianyar) menjadi kota pariwisata (karena itu fasilitas) harus ditingkatkan lagi dan didorong oleh pemerintah pusat agar bisa meningkat lagi pelayanannya untuk melayani level internasional. Pasti ada orang asing atau wisatawan yang berkunjung, sehingga kalau ada terjadi sesuatu (terhadap turis maka) pelayanannya juga bisa berstandar internasional,” ujar Kurniasih Mufidayati di Gianyar, Bali, Sabtu (11/5/2024).

“Pasti ada orang asing atau wisatawan yang berkunjung, sehingga kalau ada terjadi sesuatu (terhadap turis maka) pelayanannya juga bisa berstandar internasional”

Dalam pantauan Parlementaria, nampak rombongan Komisi IX DPR RI sangat antusias melihat keadaan RSUD Sanjiwani yang bersih dan sesuai dengan aturan layanan yang ada. Seperti saat melihat ruangan NICU-PICU yang sangat baik.

Kurniasih mengatakan, menurut penjelasan dari pihak rumah sakit di RSUD Sanjiwani, bahwa fasilitas kamar kelas 3 untuk NICU-PICU adalah yang terbaik, setelah RSUP Prof. Ngoerah yang ada di Kota Denpasar. Komisi IX pun menjelaskan agar RSUD Sanjiwani telah menerapkan standar Kelas Rawat Inap Standar (KRIS) yang sesuai aturan Permenkes.

“Ya RSUD Sanjiwani sudah memiliki kamar kelas 3 terdiri dari 4 tempat tidur dan 1 kamar mandi bahkan memiliki pendingin ruangannya,” ujar Politisi Fraksi PKS ini.

Kurniasih mengaku puas dan antusias dengan keadaan RSUD Sanjiwani karena telah sesuai antara laporan yang ada dengan kenyataan yang terjadi di lapangan.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur RSUD Sanjiwani dr. Nyoman Bayu Widhiartha bersama dengan Pj. Bupati Dewa Tagel menjelaskan bahwa Poli Eksekutif RSUD Sanjiwani terdiri dari 11 layanan dan 14 poliklinik. Di mana Poliklinik Eksekutif melayani pasien-pasien umum, karena sasarannya wisatawan domestik atau mancanegara yang ada di Gianyar. 

Dirinya pun berharap dengan adanya kunjungan dari Komisi IX DPR RI bersama dengan Kemenkes tersebut, pihaknya dapat mengajukan permohonan agar SDM yang diusulkan bisa segera ditindaklanjuti. Terlebih RSUD Sanjiwani bisa mendapatkan bantuan alat kesehatan dari Kemenkes.

0

(['model' => $post])