Terkait Pembubaran Satgassus Polri, Legislator: Bentuk Keseriusan Kapolri Tuntaskan Kasus FS

Nusantaratv.com - 13/08/2022 12:09

Anggota Komisi III DPR RI Aboebakar Alhabsy. (Andri/Man)
Anggota Komisi III DPR RI Aboebakar Alhabsy. (Andri/Man)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Anggota Komisi III DPR RI Aboebakar Alhabsy menanggapi pembubaran Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Polri yang dipimpin Irjen Ferdi Sambo (FS).

Pria yang akrab disapa Habib Aboe itu menilai pembubaran Satgasus oleh Kapolri adalah langkah tepat untuk saat ini. Setidaknya, agar FS bisa fokus dalam menghadapi perkara yang dihadapi.

"Karena sesuai dengan Surat Perintah (Sprin) Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dengan nomor: Sprin/1583/VII/HUK.6.6./2022 yang diteken 1 Juli 2022, satgasus ini dipimpin oleh FS," ujar politisi Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) itu, dikutip Sabtu (13/8/2022). 

Langkah Kapolri, lanjut Habib Aboe, akan membuat Timsus akan semakin leluasa menjalankan tugas dalam penyelidikan maupun penyidikan kematian Brigadir J. "Di sisi lain langkah ini menunjukkan keseriusan Kapolri untuk mengungkap perkara ini secara clear. Selain itu menunjukkan kepada publik bahwa Polri benar-benar ingin melakukan langkah pro justicia untuk semua kalangan," tutup Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) itu.

Diketahui, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membubarkan Satgassus Polri. Seluruh kegiatan Satgassus Polri telah disetop. "Bapak Kapolri secara resmi sudah menghentikan kegiatan dari Satgassus Polri. Artinya sudah tidak ada lagi Satgassus Polri," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Mako Brimob, Depok, Kamis (11/8/2022).

Dedi tak menjelaskan secara rinci mengapa Satgassus ditiadakan. Namun, Satgassus sempat dipimpin Irjen Ferdy Sambo, sebelum akhirnya dia dicopot terkait tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Irjen Ferdy Sambo juga dicopot dari jabatan Kadiv Propam Polri. Dia kini menjadi tersangka pembunuhan Brigadir J. 

Dia disebut memerintahkan ajudannya, Bharada E, untuk menembak Brigadir J, hingga akhirnya tewas. Ferdy Sambo juga diduga membuat skenario tembak-menembak Bharada E versus Brigadir J. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in