Legislator Harap Program KLHK Tahun 2023 Beri Manfaat untuk Masyarakat Kawasan Hutan

Nusantaratv.com - 26 September 2022

Anggota Komisi IV DPR RI Hanan A. Rozak dalam Rapat Kerja Komisi IV DPR RI dengan Menteri LHK Siti Nurbaya di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Senin (26/9/2022). (Saum/Man)
Anggota Komisi IV DPR RI Hanan A. Rozak dalam Rapat Kerja Komisi IV DPR RI dengan Menteri LHK Siti Nurbaya di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Senin (26/9/2022). (Saum/Man)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Mewakili Fraksi Partai Golongan Karya (F-Golkar) DPR RI, Anggota Komisi IV DPR RI Hanan A. Rozak mendukung program-program yang dicanangkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2023.

Dengan anggaran tahun 2023 sebesar Rp6,9 triliun, dia berharap program KLHK memberikan manfaat, tidak hanya untuk kelestarian alam, akan tetapi juga untuk masyarakat di sekitar kawasan hutan.

"Kami dari Fraksi Golkar memaklumi dan mendukung sepenuhnya program-program yang telah diakomodir di tahun 2023. Kami juga ingin memberikan perhatian dan catatan agar ke depan (KLHK) bisa lebih baik lagi," tutur Hanan dalam Rapat Kerja Komisi IV DPR RI dengan Menteri LHK Siti Nurbaya di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Senin (26/9/2022).

Dalam rapat yang membahas penyesuaian Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKA-KL) tahun 2023 tersebut, dirinya juga menyoroti soal pendapatan negara bukan pajak di kawasan hutan terutama yang dikelola oleh pihak ketiga. 

Dari informasi yang dia terima, hingga kini, kebijakan untuk kawasan yang menjadi Hutan Tanaman Industri (HTI) belum ditegakkan secara penuh. "Menurut saya, perlu dievaluasi dan diambil langkah-langkah. Ini sumber pendapatan kan? Karena toh, di lapangan itu, ada sewa menyewa lahan, penggunaan kawasan bukan untuk tanaman kayu-kayuan, bahkan tanaman untuk setahun, bahkan semusim saja. Saya menyarankan ini, evaluasi total," tukas Hanan.

Sebagai informasi, Menteri LHK Siti Nurbaya menambahkan adanya usulan alokasi DAK Fisik Penugasan Bidang Lingkungan Hidup tahun anggaran 2024 sebesar Rp2,25 triliun, untuk meningkatkan sirkulasi ekonomi sampah dan limbah sekaligus meningkatkan daya dukung lingkungan yang tanggap bencana.

Di antaranya, pengelolaan sampah dan sarana prasarana pendukung, sarana prasarana pendukung penurunan beban pencemaran, early warning system pengendalian bencana lingkungan hidup, serta pengelolaan Taman Kehati. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])